Pemuda Harus Tebar Virus Perdamaian

0
21
Aan Kurniawan Saputra Ka.Dept. INFOKOM KAMMI IAIN Raden Intan Lampung
 Aan Kurniawan Saputra Ka.Dept. INFOKOM KAMMI IAIN Raden Intan Lampung
Aan Kurniawan Saputra
Ka.Dept. INFOKOM KAMMI IAIN Raden Intan Lampung

https://bestpaperwrirters.net https://bestpaperwrirters.net https://bestpaperwrirters.net
Islamedia – Berkaca dari berbagai realita yang terjadi di masyarakat saat ini terjadi sebuah persengketaan yang sejatinya tak perlu diperdebatan. Perdebatan yang bukan terorganisir dalam sebuah lomba debat tetapi perdebatan yang didasari ego dan nafsu belaka. Indonesia merupakan negara multikultural dimana semua warganya bebas dalam menentukan keyakinannya. Inilah yang menjadikan semua organisasi dapat tumbuh subur di Indonesia.

Indonesia mempunyai ciri khas beragam adat dan budaya. Jika hari ini pemerintah tidak pandai mengelola dan mengorganisirnya maka ini bisa menjadi potensi konflik. Begitupun sebaliknya jika pemerintah pandai mengorganisirnya maka ini akan menjadi potensi yang indah dan menjadi ciri khusus negara Indonesia.

Pemuda adalah suatu umur yang memiliki kehebatan sendiri, menurut DR.Yusuf Qardhawi ibarat matahari maka usia muda ibarat jam 12 ketika matahari bersinar paling terang dan paling panas.Pemuda mempunyai kekuatan yang lebih secara fisik dan semangat bila dibanding dengan anak kecil atau orang-orang jompo. Oleh karena itu pemuda memiliki taring dan ujung tombak pembangunan serta perkembangan Indonesia menuju lebih gemilang.

Pada masa abad zaman teknologi ini, Pemuda mulai dilenakan dengan pergaulan-pergaulan yang tak semestinya dilakukan. Pemuda lebih memilih duduk diam bermain internet daripada gotong royong. Pemuda lebih memilih bermain game online ketimbang harus berorganisasi. Pemuda memilih harus pulang kampung ketimbang mengurusi permasalahan dunia kampus yang carut marut. lalu apa yang bisa dibanggakan dari seorang pemuda ?

Menelisik konflik-konflik yang erjadi di daerah-daerah di Indonesia kebanyakan di gawangi oleh pemuda. Pemuda yang mengedepankan ego dan gengsinya, Pemuda hanya berfikir sempit tanpa memikirkan akan sebuah akibat yang akan dilakukaknya. Seolah-olah tak ada lagi nilai-nilai semangat yang terorganisir dalam bingkai perdamaian. Pemuda haruslah kaya dengan sebuah karya, semangat, dan energiknya. Pemuda memiliki peranan penting dalam sebuah masyarakat, dibalik pemikirannya yang kreatif dan kritis.

Pemuda menjadi tonggak dimana untuk berkaca akan jadi apa Indonesia kedepan adalah melihat bagaimana pemuda hari ini. dalam konteks perdamaian pemuda haruslah mengambil bagian terdepan. Tidak bisa seorang pemuda hanya mengandalkan ototnya yang besar dan suaranya yang lantang. Tetapi pemuda harus menularkan pemikiran kritisnya untuk menjadikan masyarakat hidup secara damai. Itulah yang diemban pemuda hari ini, menjadi bagian penengah dan icon serta tolak ukur bagaimana Indonesia dimasa yang akan datang.

Aan Kurniawan Saputra
Ka.Dept. INFOKOM KAMMI IAIN Raden Intan Lampung

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of