YANG MUDA, YANG BERPRESTASI

0
101
IMG_9519
Menghafal Al Qur’an 30 juz memang bukanlah hal yang mudah, itu pekrjaan yang memerlukan perjuangan yang tidak kecil. Di sisni kita bakal memperkenalkan seorang Al https://sure-essay.com https://sure-essay.com https://sure-essay.com Hafidz muda jebolan kholaqoh tahfidz di SMAIT As Syifa. Siapakah dia?? Dialah Ahmad Thomas Ismail. Kawan kita asal Bekasi Utara ini yang juga merupakan alumni dari SMPIT Al-Hikmah Bobos ini baru saja menyelesaikan hafalan Al Qur’annya pada 1 Maret 2014. Sebenarnya apa aja sih yang dilakuin pemuda yang juga jago futsal ini sehingga ia bisa menyelesaikan hafalannya 30 juz? Apakah mudah-mudah saja atau.. justru ada kendalanya? Yuk kita                       langsung belajar darinya. Semoga menginspirasi kita semua.. 🙂
Bang mulai menghafal sejak kapan sih bang?
Menghafal? Jadi gini ane kan waktu SD dulu sekolah di Negeri kan, nah terus abi nyuruh ane untuk sekolah di pesantren di Bobos, disana kan sekolahnya gak kaya sekolahnya afi ma’sum sama mu’iz yang focus aja sama hafalan kalo di SMP ane ini fokus pelajaran dan hafalan Qur’an juga. Karena ane gak punya kemampuan sama sekali tuh dalam membaca Qur’an jadi ane pertama masuk masih I’dad tuh setahun belum ngapal. Cuma lancar baca aja, jadi ane mulai menghafal setelah masuk ke kelas 2 SMP.
Waktu masuk ke  SMAIT Assyifa, bang Thomas udah hafal berapa juz?
 
Nah waktu masuk SMAIT As Syifa, alhamdulillah ane udah berhasil menghafal 15 juz.
Wahh banyak banget bang. Apa sih motivasi abang? Kok bisa dua tahun udah 15 juz?
Jadi gini waktu ane SMP kan sekolahnya itu cuma ngasih target 5 juz ya, tapi karena kakak kelas ane tuh ngapalnya pada kenceng-kenceng ada yang udah 25, 18, jadi ane juga gak mau kalah sama kakak kelas lah. Dan ortu ane pingin punya anak yang hafal Al Qur’an. Dan kata ortu ane yakin kalo cuma ane yang bisa ngelakuin ini. Awalnya sih ane udah cukup sama 15 juz itu, tapi karena ane nggak mau ngecewain ortu ya, jadinya ane kejar deh tuh target.
Nahh bang trus apa sih bang kendala abang waktu ngapal?
Ohh kendala ya. Kita kan anak muda nihh jadi kendalanya ya udah jelas dong. Contohnya maksiat kayak pacaran trus males dan ini nih yang paling susah di lawan kana ne hobinya futsal ya jadi ane bawaannya pingin maen aja terus jadi susah memanage waktunya.
Nah kan susah tuh bang memanage waktu trus gimana tuh bang cara abang yang pas banget memanage waktu?
Hmm memanage waktu memang bukan hal mudah ya menurut ane, gimana ya? Awalnya memang susah tapi akhirnya ane perlahan-lahan buat schedule mana waktu ngapal mana waktu maen dan mana waktu belajar. Pokoknya kalo udah waktu ngapal ane udah gak mau diganggu gugat sama yang lain-lain lagi. Dan waktu yang lain pun begitu.
Bang kan biasanya para hafidz Qur’an punya surat andalan dan surat yang paling susah. Menurut abang apa tuh?
Menurut ane yang susah tuh Al-Kahfi sama Al-Ahzab. Kalo andalan ane sih ya juz 26 kalo gak juz 2, mudah banget tuh.
Bang kasih tips dong buat kita-kita ini biar bisa menyusul abang jadi hafidz/hafidzah.
Tips? Yahh pokoknya kita sebagai manusia gak boleh tuh yang namanya putus asa. Harus terus semangat. Misalkan kita lagi down tuh semangatnya ngobrol sama orang tua atau sama guru tahfidz minta di semangatin insya allah bakal naik lagi tuh semangat kita.
Bang makasih ya waktunya, semoga abang bisa menjaga hafalan abang terus, oh iya bang doakan kita-kita juga bang supaya kita bisa jadi penghafal Qur’an kayak abang.
Ohh iya, aminn, pokoknya inget, jangan putus asa terus semangat
>>>

Nahhh gimana udah tau belum rahasia buat ngafal Qur’an? Jadi yang terpenting itu adalah semangat, kalo kita terus semangat insya Allah kita bisa. Ane juga sempat tanya-tanya ke penghafal-penghafal Qur’an yang lain, hampir sebagian besar mengatakan yang terpenting adalah semangat. Afi ma’sum misalnya dia waktu SMP baru tuh memulai hafalan tapi 4 tahun dia udah habis 30 juz. Nahhh mereka aja bisa jadi kita juiga harus berusaha kawan.

Semoga ini cuplikan ini menjadi inspirsi kita semua.. 🙂

Data siswa yang sudah menyelesaikan hafalanya:
1.      Abdan Robbani (Alumni angkatan 1)
2.      Abdurrhamna Aufa (XI IPA 2)
3.      Ahmad Thomas Ismail (XII IPA 1)
4.      Afi Ma’sum (X 3)
5.      Hasan Muiz (X 2)

6.      <nama kamu ditunggu di sini sob>

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of