Penuh Bahagia di Hari yang Mulia

0
22

Subang, 24 September 2015 M/ 10 Djulhijah 1436 H

Antusiasme yang tinggi

(23/09) Sejak pukul 04.40 pagi, antusiasme siswa sudah sangatlah terlihat. Dibuktikan dengan mulai ramainya siswa yang berbenah kamar, hingga mengantr ipanjang untuk melaksanakan mandi pagi. Seluruh siswa terlihat semangat kala itu. Bahkan seorang siswa dari kelas 11 IPS Putra yang bernama ananda Alam Prahasto mengungkapkan bahwa sannya dirinya sudah mempersiapkan sejak lama perihal pakaian yang akan https://essay-click.com https://essay-click.com https://essay-click.com dipakainya saat shalat Iedul Adha nanti.

“ Ya kalau Akusih malah sudah sejak awa lnyiapin bajunya. Ingin tampil rapih dan kompak sama temen-temen. Kita janjian pake baju putih, sarung hitam, pluss ongkok. ”

Ia juga menuturkan bahwa ini merupakan hari yang sudah lama ia tunggu-tunggu.

“ Momen Idul Adha selalu jadi momen terbaik yang ditunggu-tunggu. Ya, selain buat silaturahim, ini juga bias untuk sekalian latihan menyembelih qurban.”

 

 

Pemotongan Qurban

Ada sedikit yang berbeda dan special untuk pemotongan hewan qurban tahun ini. Kalau biasanya yang menjadi eksekutor “jagal” qurban adalah dari pihak guru, kini yang mendominasi adalah siswa. Lebih dari 80% hewan qurban SMAIT, disembelih langsung oleh para siswa yang berqurban atau pun diwakilkan oleh siswa yang lainnya.

Pencapaian ini tak terlepas dari penyampaian Dauroh Qurban yang terus menerus disampaikan setiap tahun. Hal ini ditujukan memang untuk memberikan gambaran kepada siswa mengenai tatacara menyembelih hewan qurban yang baik dan sesuai dengans yariat islam yang berlaku.

Ustadz Marhusin, S.Pd selaku Penanggung Jawab Pemotongan Hewan Qurban mengaku cukup bangga atas pencapian ini. Beliau menuturkan bahwa semua ini tak terlepas dari keberanian siswa yang sudah mulai matang.

“ Bagus. Sudah pada berani, sudah pada mengerti. Artinya Dauroh yang sudah disampaikan berhasil.”

Rasa bangga atas pencapaian siswa yang sudah bisamenyembelih qurban secara mandiri pun dikemukakan oleh salah seorang wali murid dar iananda ZuhdiIzdihar yang menyampaikan terimakasihnya via WhatsApp kepada pihak sekolah karena putranya yang kini sudah bias menyembelih qurban sendiri di kampong halamannya.

“Terimakasih stad, kini Zuhdi sudah bias menyembelih hewan qurban sendiri. Syukron atas ilmunya.”,ujarnya.

 

Lomba Bakar Sate

Setelah melaksanakan pemotongan qurban dan shalat dzuhur, agenda siswa selanjutnyaa dalah lomba bakar sate. Lomba bakar sate yang dilaksanakan per kamar ini memang selalu menjadi daya Tarik untuk memancing kreativitas dan jiwa kompetitif siswa. Teknis pelaksanaan lomba ini adalah dengan memberikan 2,5 kg daging beserta bumbu-bumbu kepada setiap kamar. Dari bahan-bahan yang telah diberikan, setiap kamar dipersilahkan untuk membuat sate yang nantinya akan di nilai untuk dilombakan.

Kreativitas siswa sangatlah diuji dalam kegiatan ini. Bahkan ada salah satu kamar dari kelas 12 yang tidakhanya membuat sate, melainkan jugamembuat opor dan tongseng kambing.

“ Jadi nanti kita ada 3 menu. Sate, opor, dan tongseng. ”, ujar salah seorang anggota dari kamar 12.3 SMAIT Putra.

 

Idul Adha kali ini sangatlah berkesan bagi para siswa. Selain karena merupakan momentum kemenangan bagi umat muslim, kegiatan-kegiatan Gebyar Dzulhijjah pun menjadi kesan mendalam tersendiri bagi para siswa.

Selain acara pemotongan hewanqurban dan Lomba Bakar Sate, nantinya aka nada kegiatan Manasik Haji dan Pentas Seni Siswa yang akan turut memeriahkan rangkaian acara Gerbar Dzulhijjah tahun ini.

 

Salam, redaksi. [MRI]

SHARE
Previous articleTeacher’s Award
Next articleDokumentasi SYIFEST 2015

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of