Ubah “Filosofi Dakwah” dengan Syifa Short Movie Festival 2018

0
24

Assalamu’alaikum wr.wb

Film, sebuah kata yang sudah tidak asing lagi jika terdengar oleh kita. Film pada zaman globalisasi ini, menjadi peran penting dalam pembentukan karakter pemuda bangsa, mau itu negatif ataupun positif. Film dapat dengan mudah mempengaruhi pola fikir seseorang. Tidak sedikit, film yang dijadikan propaganda oleh orang-orang barat untuk merubah mindset pemuda bangsa. Disisi lain, banyak juga, orang yang memanfaatkan media film ini sebagai sarana untuk berdakwah. Salah satunya ialah di acara “Syifa Short Movie Festival 2018”

Pada SSMF 2018 ini, Dept. IPTEK BEM SMAIT Assyifa Boarding School Putra mengambil tema “Filosofi Dakwah”. Tema yang cukup berat tentunya, tetapi sangat luas definisinya.

Opening SSMF 2018

SSMF 2018 dilaksanakan dari 21 Februari dan ditutup oleh Gala SSMF 2018 pada 3 Mei . Acara berlangsung meriah dan para peserta sangat antusias dalam membuat film-film pendek mereka. Pada SSMF 2018 ini, terkumpul 3 film pendek karya anak Assyifa. 2 dari angkatan 8 “Rendezvous” dan 1 dari angkatan 7 “Foresight”.

Film pertama berjudul “BIAS KIAS” dari Tim 1 angkatan 8 “Rendezvous”, kemudian film kedua berjudul “SEMUA” dari Tim 2 angkatan 8 “Rendezvous”, dan film yang terakhir berjudul “KELIRU” dari Tim angkatan 7 “Foresight”

Sesi Seminar SSMF 2018
Seminar Produksi Film SSMF 2018 by M Nur Ghiffari

Ada beberapa rangkaian acara pada SSMF tahun ini. Selain adanya presentasi tentang film pendek yang mereka buat, pada SSMF tahun ini, diadakan juga seminar tentang pembuatan film. Seminar pembuatan film ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi Pra-Produksi ( Pembuatan Script, Dialog, dll ) yang diisi oleh Azizi Aqilalhaq, Sesi Produksi ( Shooting Scene, dll ) yang diisi oleh kakak kelas kita dari angkatan Resource M. Nur Ghiffari, dan Sesi Pasca-Produksi ( Editing, Rendering, dll ) yang diisi oleh M Izzudin Alfatih.

Sesi Presentasi SSMF 2018
Juri SSMF 2018. Kiri : Azizi Aqilalhaq, Kanan : Ust. Dadang

Setelah selesainya film pendek yang siswa-siswa buat, mereka mempresentasikan film pendek mereka didepan juri. Juri pada SSMF 2018 kali ini yaitu Azizi Aqilalhaq selaku anggota Assyifa Film Gallery dan Ust. Dadang selaku pembina eskul fotografi.

Prakata dari Director film “Bias Kias”, Fariz M Rasyad
Pembacaan pemenang nominasi SSMF 2018
Prakata dari pemenang nominasi “Latar Musik Terbaik”, Miftah Faridl dari tim Foresight
Pemenang nominasi “Sutradara Terbaik”, Falhady Ahmad dari Tim Foresight
Pemenang nominasi “Cerita Terbaik”, M Jafar Asshidqi dan Haidar Ali Syafiq
Pemenang nominasi “Aktor Terbaik”, Abdurrahman Nur Rasyid

Setelah mereka mempresentasikan film pendek mereka, dan para juri menilai film pendek mereka. Diadakanlah acara penutup dari SSMF 2018 ini yaitu Gala SSMF 2018 yang diadakan pada tanggal 4 April 2018 di Aula Umar. Pada Gala SSMF 2018 ini diadakan berbagai macam rangkaian acara. Dimulai dari pembukaan acara berlanjut ke pemutaran masing masing film pendek yang telah dibuat didahului oleh prakata singkat dari masing masing director film tersebut. Setelah semua film telah selesai diputar, acara selanjutnya ialah pembacaan pemenang nominasi SSMF 2018 dan pembagian hadiah. Lanjut ke acara terakhir yaitu doa dan penutupan dari acara SSMF 2018 itu sendiri.

Pada acara SSMF 2018 ini diadakan 5 kategori nominasi yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Latar Musik Terbaik, dan Cerita Terbaik. Adapun untuk pemenang nominasi nominasi tersebut ialah sebagai berikut :

  • Film Terbaik               : “KELIRU” dari Tim Foresight
  • Sutradara Terbaik     : Falhady Ahmad, Sutradara Film “KELIRU”
  • Aktor Terbaik             : Abdurrahman Nur Rasyid, Aktor Film “KELIRU”
  • Latar Musik Terbaik : “KELIRU” dari Tim Foresight
  • Cerita Terbaik            : “KELIRU” dari Tim Foresight

Sekian, Wassalamu’alaikum wr.wb