Twitter Bikin Fitur Mirip Instagram Stories

0
72

Fitur Stories, yang pertama kali diperkenalkan oleh Snapchat, terbukti ampuh meningkatkan jumlah pengguna, tanyakan hal itu kepada Instagram. Dua tahun pertama pasca implementasi Stories pada Agustus 2016, Instagram mengalami pertumbuhan pengguna yang pesat.

Pada Agustus 2018, Instagram Stories memiliki 400 juta pengguna per bulannya, 100 juta lebih banyak dibanding edisi 2016 lalu. Sekarang, tepatnya Januari 2019, jumlah pengguna Instagram Stories mencapai 500 juta akun per hari.

Tak heran sejumlah perusahaan teknologi lain juga tertarik ingin mengimplementasikan fitur Stories. Setelah Google dengan YouTube-nya, sekarang giliran Twitter yang ketahuan diam-diam juga bikin fitur baru mirip Snapchat Story atau Instagram Stories.

Platform yang identik dengan burung biru itu disebut sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengambil foto, video, dan live streaming untuk dibagikan ke linimasa. Twitter tidak menamainya dengan Stories, melainkan x27;News Camerax27;.

Perusahaan dilaporkan sedang menguji fungsi barunya ini ke sebagian kecil penggunanya, salah satu yang beruntung adalah konsultan media sosial Matt Navarra. Navarra kemudian membagikan sedikit pengalamannya mencoba fitur News Camera.

Ia menjelaskan, pengguna hanya perlu menggeser layar ke kiri saat ingin menggunakan fitur News Camera dari tampilan Timeline Twitter. Setelah itu, pengguna bisa memilih untuk mengambil foto, video, atau live streaming.

Ada juga kolom teks yang bisa diisi untuk menjelaskan objek yang diambil, kemudian mengganti latar belakangnya dengan berbagai warna. Tidak hanya itu tersedia juga fitur “add location” untuk menambah informasi terkait lokasi.

Fitur ini akan mengubah cara pengguna Twitter untuk berkirim gambar atau video dengan cara yang lebih menarik. Tampilan UI-nya pun menyerupai fitur Stories yang ada di Instagram maupun Snapchat.

Sementara, analisis media sosial, Jane Manchun Wong juga telah menemukan kode yang menguatkan akan hadirnya fitur News Camera di Twitter. Namun, ia menjelaskan jika fitur News Camera akan dinamakan “Moments”.

Jika benar, hal tersebut berarti akan mengubah fitur Moments yang sudah ada di Twitter. Moments adalah fitur yang memungkinkan pengguna kumpulan tweet tentang berbagai peristiwa tertentu yang disajikan dengan tampilan menarik dan dalam satu Tweet.

Twitter telah mengonfirmasi kepada Tech Crunch bahwa mereka saat ini sedang mengembangkan fitur kamera baru. Perusahaan berkata kehadiran fitur serupa Instagram Stories ini akan hadir pada kuartal pertama 2019.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami sedang berupaya cara yang lebih mudah untuk berbagi hal-hal seperti gambar dan video di Twitter. Tim masih aktif mengerjakan apa yang sebenarnya akan kami kirim,” kata seorang juru bicara Twitter.