PROFIL KOMPETENSI LULUSAN SMAIT ASSYIFA

T.P 2013-2014

https://ukessaywriter.nethttps://ukessaywriter.nethttps://ukessaywriter.net

NO STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM/STRATEGI
KELAS X KELAS XI KELAS XII
  1. Kompetensi Akademik
1 Nilai UN minimal rata-rata = 8 (delapan) –    Murid mampu tuntas seluruh mata pelajaran-    Murid naik kelas

 

–    Nilai Mata Pelajaran UN murid di atas KKM-    Rata-rata nilai mata pelajaran minimal 8

–    Murid naik kelas

 

–     Nilai Mata Pelajaran UN murid diatas KKM-    Rata-rata nilai mata pelajaran minimal 8

–     Rata-rata Nilai Try Out minimal 8

–     Optimalisasi Remedial-     Optimalisasi Belajar mandiri

–     Bimbingan Belajar

2 Menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris aktif –     Murid mampu berbicara aktif dalam bahasa arab dan inggris di acara-acara formal-      Murid mampu berbicara aktif di lingkungan kelas dan kamar –     Murid mampu berbicara aktif dalam bahasa arab dan inggris dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan asrama  –     Murid mampu berbicara aktif dalam bahasa arab dan inggris di masyarakat-     Murid mampu memperoleh Toefl dan Toafl > 400 –    Optimalisasi di KBM-    Optimalisasi program bahasa

 

3 Terampil menggunakan ICT –     Murid mampu menguasai dasar-dasar teori Microsoft office-     Murid mampu menguasai dasar-dasar berinternet

–     Murid mampu menguasai Microsoft word dan excel

 

 

–     Murid mampu menguasai Microsoft power point-     Murid mampu menguasai dasar-dasar desain grafis

 

–     Murid mampu menguasai corel draw-     Murid mampu menguasai adobe photoshop

–     Murid mampu menguasai dasar-dasar programing

–    Optimalisasi KBM TIK-    Optimalisasi Ekskul Desain grafis/programing

–    Optimalisasi laptop dan e-learing

 

4 Meningkatnya daya keunggulan dan daya kompetisi siswa dalam bidang akademik dan nonakademik –    Murid mampu mendapat Prestasi akademik dan non akademik di tingkat kabupaten : 10, provinsi : 4, Nasional : 2-    Murid mampu memperoleh juara tiga besar dalam OSN, FSL2N

 

 

–    Murid mampu mendapat Prestasi akademik dan non akademik di tingkat kabupaten : 10, provinsi : 4, Nasional : 2-    Murid mampu memperoleh juara dua besar dalam OSN, FSL2N

 

 

–    Murid mampu mendapat Nilai Tryout tertinggi se Kabupaten-    Murid mampu mendapat nilai tertinggi UN se Kabupaten

–     Murid mampu menembus PTN : 80%, PTLN : 10%

–     Pembinaan Intensif (PLA, Ekskul, Bimbel dll
  1. Kompetensi Diniyah dan Kepribadian
5 Memiliki aqidah yang shahih
6 Rajin beribadah sesuai sunnah Rasulullah SAW –    Murid mampu membiasakan ibadah dengan baik dengan standar yang telah ditetapkan-    Murid mampu membiasakan ibadah dengan tanpa tekanan terutama di rumah

 

–    Murid mampu membiasakan ibadah dengan baik melebihi standar yang ditetapkan-    Murid mampu membiasakan ibadah dengan tanpa tekanan terutama di rumah

 

–    Murid mampu membiasakan ibadah dengan baik melebihi standar yang ditetapkan-    Murid mampu membiasakan ibadah dengan mandiri dan mengamalkannya di masyarakat –       Optimalisasi taklim, halaqoh, KBM PAI-       Optimalisasi program kedisiplinan
7 Memiliki kepribadian / akhlaq Islami –    Murid mampu menguasai dasar-dasr ilmu akhlaq-    Murid mampu bersikap, bertutur kata, berprilaku dengan baik dilingkungan kamar, kelas dan Sekolah –     Murid mampu bersikap, bertutur kata, berprilaku dengan baik kepada teman, guru, alam di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar –     Murid mampu bersikap, bertutur kata, berprilaku dengan baik kepada teman, guru,orang tua, alam, masyarakat di lingkungan masyarakat –       Optimalisasi taklim, halaqoh, KBM PAI-       Optimalisasi program kedisiplinan
8 Hafal minimal 5   juz Al Quran –    Murid mampu membaca AL-Quran dengan baik (secara tajwid dan tahsin)-    Murid mampu menghafal Al-Quran 2 Juz

 

Murid mampu mengahafal Al-Quran 2 Juz Murid mampu mengahafal Al-Quran 1 Juz –    Target Capaian Hafalan, Harian, pekanan, bulanan, tahunan.-    Syarat kenaikan kelas

–    Syarat kelulusan

 

9 Hafal Hadits Arbain & Riyadusholihin (pilihan) –    Murid mampu menghafal 30 Hadits Arbain Murid mampu —    Murid mampu menghafal 20 Hadits pilihan

 

–    Murid mampu menghafal 40 Hadits Arbain-    Murid mampu menghafal 25 Hadits pilihan

 

–    Murid mampu menghafal 40 Hadits Arbain dan memahami syarahnya-    Murid mampu menghafal 20 Hadits pilihan

 

–    Optimalisasi Taklim, KBM PAI, Halaqoh-    Membuat instrument tes dalam pelaksanaan UTS/UAS kepesantrenan

 

10 Mampu menjadi Khotib Jumat –    Muri mampu menguasai dasar-dasar teori menjadi khotib jumat yang baik-    Murid mampu menjadi khotib jumat di Sekolah

 

–    Murid mampu menjadi khotib jumat di masjid dekat rumah –     Murid mampu menjadi khotib jumat di masjid agung dekat rumah –    Pelatihan Khutbah Jumat-    Pemberian Materi di KBM PAI, Taklim

–    Mengadakan perlomnbaan khotib jumat

11 Mampu menjadi imam sholat dengan bacaan dan gerakan yang benar –    Muri mampu menguasai Fiqh sholat dengan perbandingan madzhab-    Murid mampu menjadi imam sholat di masjid sekolah –    Murid mampu menjadi imam sholat di masjid dekat rumah –     Murid mampu menjadi imam sholat di masjid agung dekat rumah –    Optimalisasi Tahfidz Quran-    Pemberian Materi di KBM PAI, Taklim

 

  1. Kompetensi Life Skills
12 Memiliki kompetensi Leadership –    Murid mampu menguasai dasar-dasar dan teori kepemimpinan-    Murid mampu menjadi pemimpin kamar, kelas

 

–    Murid mampu menjadi pemimpin di Sekolah (BEM, MPK, Ekskul dan Even-event sekolah  –    Murid mampu menjadi pemimpin di lingkungan sekitar rumahnya 

 

–    P2M-    LDKS

 

 

13 Memiliki keterampilan Enterpreunership –   Murid mampu menguasai dasar-dasar teori Enterpreneurship-   Murid mampu mengatur uang jajanya dengan baik

 

–   Murid mampu mengaplikasikan praktik kewirausahaan di sekolah (berdagang/berbisnis) 

 

–   Murid mampu mengaplikasikan praktik kewirausahaan di lingkungan sekitar (masyarakat terdekat)  –       Adaptasi Kurikulum KBM Ekonomi-       Event Marketday

 

14 Menguasai & memiliki keterampilan Dasar-dasar Ath-thibbun Nabawi –   Murid mengetahui jenis-jenis pengobatan thibbun nabawai-   Murid mengetahui jenis obat-obatan thibbun nabawi serta kegunaannya

 

–   Murid mampu mempraktekan cara pengobatan thibbun nabawi (bekam dll) di lingkungan sekolah  –   Murid mampu mempraktekan cara pengobatan thibbun nabawi (bekam dll) di lingkungan masyarakat sekitar-   Murid mampu meracik dan Membuat obat-obatan Thibbun Nabawi

 

–    Pelatihan Thibbun Nabawi-    Pemberian Materi Thibbun Nabawi
15 Menguasai bela diri (minimal sabuk merah) –   Murid mampu mengikuti dengan baik ekskul beladiri wajib sekolah-   Murid mampu mengikuti ujian tingkat sabuk putih, kuning,hijau

 

–   Murid mampu dan lulus mengikuti ujian tingkat sabuk biru, merah  –   Murid mampu mengaplikasikan kemampuan bela dirinya dalam kehidupan sehari-hari  –     Ekskul wajib beladiri bagi kelas 10-     Ekskul pilihan beladiri bagi kelas 11

–     Pelaksanaan ujian kenaikan tingkat

–     Mengikuti perlombaan bela diri

16 Memiliki skill Olah Raga (cabang Olahraga pilihan) atau seni  –   Murid mampu menguasai salah satu dasar-dasar olahraga/seni-   Murid mampu mengikuti dengan baik ekskul wajib olahraga/seni

 

–   Murid mampu menguasai salah satu cabang olahraga /seni dan menghasilkan karya/prestasi Sekolah  –   Murid mampu menguasai salah satu cabang olahraga/seni dan menghasilkan karya/prestasi di Masyarakat  –    Assyifa Leage-    Optimalisasi KBM Olahraga

–    Mengikuti Perlombaa Olahraga/Seni

–    Optimalisasi Pelaksanaan Ekskul