Ubah “Filosofi Dakwah” dengan Syifa Short Movie Festival 2018

Ubah “Filosofi Dakwah” dengan Syifa Short Movie Festival 2018

Assalamu’alaikum wr.wb

Film, sebuah kata yang sudah tidak asing lagi jika terdengar oleh kita. Film pada zaman globalisasi ini, menjadi peran penting dalam pembentukan karakter pemuda bangsa, mau itu negatif ataupun positif. Film dapat dengan mudah mempengaruhi pola fikir seseorang. Tidak sedikit, film yang dijadikan propaganda oleh orang-orang barat untuk merubah mindset pemuda bangsa. Disisi lain, banyak juga, orang yang memanfaatkan media film ini sebagai sarana untuk berdakwah. Salah satunya ialah di acara “Syifa Short Movie Festival 2018”

Pada SSMF 2018 ini, Dept. IPTEK BEM SMAIT Assyifa Boarding School Putra mengambil tema “Filosofi Dakwah”. Tema yang cukup berat tentunya, tetapi sangat luas definisinya.

Pada opening SSMF 2018, diadakan drama singkat

Opening SSMF 2018

SSMF 2018 dilaksanakan dari 21 Februari dan ditutup oleh Gala SSMF 2018 pada 3 Mei . Acara berlangsung meriah dan para peserta sangat antusias dalam membuat film-film pendek mereka. Pada SSMF 2018 ini, terkumpul 3 film pendek karya anak Assyifa. 2 dari angkatan 8 “Rendezvous” dan 1 dari angkatan 7 “Foresight”.

Film pertama berjudul “BIAS KIAS” dari Tim 1 angkatan 8 “Rendezvous”, kemudian film kedua berjudul “SEMUA” dari Tim 2 angkatan 8 “Rendezvous”, dan film yang terakhir berjudul “KELIRU” dari Tim angkatan 7 “Foresight”

Sesi Seminar SSMF 2018

Seminar Produksi Film SSMF 2018 by M Nur Ghiffari

Ada beberapa rangkaian acara pada SSMF tahun ini. Selain adanya presentasi tentang film pendek yang mereka buat, pada SSMF tahun ini, diadakan juga seminar tentang pembuatan film. Seminar pembuatan film ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi Pra-Produksi ( Pembuatan Script, Dialog, dll ) yang diisi oleh Azizi Aqilalhaq, Sesi Produksi ( Shooting Scene, dll ) yang diisi oleh kakak kelas kita dari angkatan Resource M. Nur Ghiffari, dan Sesi Pasca-Produksi ( Editing, Rendering, dll ) yang diisi oleh M Izzudin Alfatih.

Sesi Presentasi SSMF 2018

Juri SSMF 2018. Kiri : Azizi Aqilalhaq, Kanan : Ust. Dadang

Setelah selesainya film pendek yang siswa-siswa buat, mereka mempresentasikan film pendek mereka didepan juri. Juri pada SSMF 2018 kali ini yaitu Azizi Aqilalhaq selaku anggota Assyifa Film Gallery dan Ust. Dadang selaku pembina eskul fotografi.

Prakata dari Director film “Bias Kias”, Fariz M Rasyad

Pembacaan pemenang nominasi SSMF 2018

Prakata dari pemenang nominasi “Latar Musik Terbaik”, Miftah Faridl dari tim Foresight

Pemenang nominasi “Sutradara Terbaik”, Falhady Ahmad dari Tim Foresight

Pemenang nominasi “Cerita Terbaik”, M Jafar Asshidqi dan Haidar Ali Syafiq

Pemenang nominasi “Aktor Terbaik”, Abdurrahman Nur Rasyid

Setelah mereka mempresentasikan film pendek mereka, dan para juri menilai film pendek mereka. Diadakanlah acara penutup dari SSMF 2018 ini yaitu Gala SSMF 2018 yang diadakan pada tanggal 4 April 2018 di Aula Umar. Pada Gala SSMF 2018 ini diadakan berbagai macam rangkaian acara. Dimulai dari pembukaan acara berlanjut ke pemutaran masing masing film pendek yang telah dibuat didahului oleh prakata singkat dari masing masing director film tersebut. Setelah semua film telah selesai diputar, acara selanjutnya ialah pembacaan pemenang nominasi SSMF 2018 dan pembagian hadiah. Lanjut ke acara terakhir yaitu doa dan penutupan dari acara SSMF 2018 itu sendiri.

Pada acara SSMF 2018 ini diadakan 5 kategori nominasi yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Latar Musik Terbaik, dan Cerita Terbaik. Adapun untuk pemenang nominasi nominasi tersebut ialah sebagai berikut :

  • Film Terbaik               : “KELIRU” dari Tim Foresight
  • Sutradara Terbaik     : Falhady Ahmad, Sutradara Film “KELIRU”
  • Aktor Terbaik             : Abdurrahman Nur Rasyid, Aktor Film “KELIRU”
  • Latar Musik Terbaik : “KELIRU” dari Tim Foresight
  • Cerita Terbaik            : “KELIRU” dari Tim Foresight

Sekian, Wassalamu’alaikum wr.wb

 

ARE YOU READY TO FACE THE TECHNOLOGY ERA?

ARE YOU READY TO FACE THE TECHNOLOGY ERA?

Seperti tahun-tahun sebelumnya Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kembali menyelenggarakan acara spektakuler yaitu IPTEKDAY. IPTEKDAY tahun ini mengusung tema “Face The Technology Era”. IPTEKDAY 2018 diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2018 sampai dengan 31 Maret 2018.

Tahun ini, Departemen IPTEK menyelenggarakan empat lomba online dan 2 lomba onsite. Adapun lomba-lombanya adalah, Syifavidgram, Roomtour, Sweet Home 3d, Totebag Design, Dinosaurus, dan Who Wants to be A Millionaire. Setiap kelas wajib mengirimkan satu perwakilan dari tiap-tiap lomba. Untuk lomba online, pengerjaannya telah dimulai sejak lomba diumumkan. Sementara itu, lomba onsite diselenggarakan satu pekan terakhir sebelum closing acara. IPTEKDAY tahun ini berhasil mengumpulkan 6 video Syifavidgram, 5 video Roomtour, 11 desain Sweet Home 3d, dan 8 desain totebag.

Pada 31 MARET 2018 bertempat di Aula Ad-Dhuha telah diselenggarakan closing dari IPTEKDAY 2018. Acara closing ini dimulai pada pukul 20.15 sampai dengan pukul 23.00. Closing dimulai dengan tilawah dari Salma Putri Rafifah dilanjutkan dengan pemutaran video Syifavidgram dan Roomtour yang telah dibuat oleh murid-murid SMAIT As-Syifa. Setelah pemutaran video acara dilanjutkan dengan pengumuman serta pembagian hadiah lomba. Closing ini diakhiri dengan nonton bareng. Berikut pemenang lomba IPTEKDAY 2018 :

  • Syifavidgram :
    1. XI MIA 2
    2. X MIA 1
  • Roomtour :
    1. XI IIS
    2. XI MIA 3
  • Sweet Home 3d
    1. Zatadini Kharisma P XI MIA 2
    2. Shafira Salma XI MIA 3
    3. Salma Putri Rafifah X IIS
  • Totebag Design
    1. Ghorizatunnisa XI MIA 1
    2. Nauvalia Inditasari XI IIS
  • Dinosaurus
    1. Karenina Fatimah A XI MIA 1
    2. Ahda Sabila XI MIA 2
    3. Nabilah Nur Amalia XI IIS
  • Who Wants to be A Millionaire
    1. Hanina Naura XI IIS

Dengan berakhirnya acara ini kami berharap dapat menambah kemampuan murid-murid SMAIT As-Syifa di bidang IPTEK serta mereka dapat menghadapi era masa depan yang penuh teknologi agar bisa membangun perdaban Islam dengan baik.

Berikut beberapa karya yang telah dibuat oleh murid SMAIT As-Syifa beserta dokumentasi IPTEKDAY 2018 :

 

 

 

 

 

 

 

Sidang Pleno Tengah BEM Periode 2017-2018

Sabtu, 24 Februari 2018 telah diselenggarakan Sidang Pleno Tengah BEM SMAIT As-Syifa Boarding School. Sidang ini dimulai pukul 13.30 yang dihadiri oleh BEM sebagai lembaga eksekutif, MPK sebagai lembaga legislatif, fraksi kelas 10 dan 11, undangan kelas 12 dan peninjau yang terdiri dari dewan guru.

Sidang ini dimulai dengan pembahasan tata tertib sidang dilanjutkan dengan pemaparan laporan pelaksanaan program kerja dari Badan Pengurus Harian (BPH), Departemen Kesekretariatan Jenderal, Departemen Keuangan, Departemen Kerohanian, Departemen Kedisiplinan, Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Departemen Bahasa, Departemen Minat dan Bakat (MIKAT), dan Departemen Olahraga dan Kesehatan (ORKES). Dalam pemaparan laporan pelaksanaan program kerja ini peserta sidang berhak bertanya seputar program kerja kepada BEM.

Agenda sidang selanjutnya adalah sidang Komisi A yang membahas tentang penyuntingan AD-ART. Hasil dari sidang ini yaitu pergantian sub Departemen MIKAT dan perubahan nama sub Departemen IPTEK. Selanjutnya adalah sidang Komisi B yang membahas revisi program kerja. Agenda Sidang Pleno Tengah yang terakhir adalah Sidang Paripurna untuk mengesahkan seluruh keputusan selama sidang berlangsung.

Alhamdulillah, sidang ini berjalan dengan lancar dan berakhir pada hari Minggu, 25 Februari 2018 pukul 20.00.

 

Get Ready For SYIFEST 2018!

Get Ready For SYIFEST 2018!

As-Syifa Festival atau lebih dikenal dengan SYIFEST merupakan perhelatan akbar dari As-Syifa Boarding School yang digelar setahun sekali. Tahun ini SYIFEST kembali digelar dengan mengusung tema “PENOREH TINTA EMAS PERADABAN” untuk SYIFEST putri dan “PEWARIS KEJAYAAN PERINTIS MASA DEPAN” untuk SYIFEST putra. SYIFEST 2018 sendiri akan berlangsung pada tanggal 28 Januari – 4 Februari 2018 untuk putra dan 2-4 Februari 2018 untuk putri. Cakupan wilayah SYIFEST 2018 sendiri meliputi se-Jawa untuk lomba onsite dan se-nasional untuk lomba online.

SYIFEST tahun ini mengundang banyak guest star. Diantaranya, Wirda Mansur, Arafah Rianti, Bilqis Khoirunnisa, Ustazah Maimoon, Shoutul Harokah, Habiburrahman El-Shirazy dan masih banayak lagi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka www.syifest.com atau instagram @officialsyifest. Berikut Trailer SYIFEST 2018 :

Marketday’18

Marketday’18

Minggu, 7 januari 2018 bertepatan dengan PMB atau Penerimaan Murid Baru, Para Siswi Assyifa boarding school melaksanakan Marketday. 

Dari mulai rujak, es cincau, nasi bakar sampai berjualan pensil 2B untuk peserta PMB yang mungkin lupa membawanya. Hal yang unikpun banyak terjadi seperti mereka yang berjualan nasi padang menggunakan hiasan dikepala seperti orang padang, ada juga yang bertemakan indonesia dengan kostum-kostum pahlawan seperti tuanku imam bonjol,kapten patimura dan cut nyak dhien juga banyak tema-tema yang menarik lainnya yang mampu mengasah kekreatifan para murid Assyifa boarding school. Selain itu dengan diadakannya marketday ini diharapkan mampu membangun jiwa entrepreneurship atau jiwa kewirausahaaan.

 

PORSENITAS – Sehat Segan Sakit Tak Mau

PORSENITAS – Sehat Segan Sakit Tak Mau

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Departemen Olahraga dan Kesehatan kembali mengadakan agenda tahunan yaitu, “PORSENITAS”. Porsenitas tahun ini mengambil tema “Sehat Segan Sakit Tak Mau”. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 9 Desember 2017 dan diakhiri pada tanggal 12 Desember 2017.

Adapun berbagai macam lomba yang dilangsungkan antara lain :

Benteng, Futsal, Get it Beauty, Cooking Mama, Tarik Tambang, Rubik Kuaci, Karung Berjarum dan diakhiri dengan Assyifa Lipsync Battle yang dimana para siswi bebas untuk berekspresi. Selain bertujuan untuk menjadi media hiburan setelah dilangsungkannya PAS atau Penilaian Akhir Semester acara ini juga dapat memperkuat ukhuwah kebersamaan yang ada.

Terakhir, sampai jumpa di Porsenitas 2018!

MC Closing Porsenitas 2017

Pembagian Hadiah

 

Pembagian Hadiah