Ubah “Filosofi Dakwah” dengan Syifa Short Movie Festival 2018

Ubah “Filosofi Dakwah” dengan Syifa Short Movie Festival 2018

Assalamu’alaikum wr.wb

Film, sebuah kata yang sudah tidak asing lagi jika terdengar oleh kita. Film pada zaman globalisasi ini, menjadi peran penting dalam pembentukan karakter pemuda bangsa, mau itu negatif ataupun positif. Film dapat dengan mudah mempengaruhi pola fikir seseorang. Tidak sedikit, film yang dijadikan propaganda oleh orang-orang barat untuk merubah mindset pemuda bangsa. Disisi lain, banyak juga, orang yang memanfaatkan media film ini sebagai sarana untuk berdakwah. Salah satunya ialah di acara “Syifa Short Movie Festival 2018”

Pada SSMF 2018 ini, Dept. IPTEK BEM SMAIT Assyifa Boarding School Putra mengambil tema “Filosofi Dakwah”. Tema yang cukup berat tentunya, tetapi sangat luas definisinya.

Opening SSMF 2018

SSMF 2018 dilaksanakan dari 21 Februari dan ditutup oleh Gala SSMF 2018 pada 3 Mei . Acara berlangsung meriah dan para peserta sangat antusias dalam membuat film-film pendek mereka. Pada SSMF 2018 ini, terkumpul 3 film pendek karya anak Assyifa. 2 dari angkatan 8 “Rendezvous” dan 1 dari angkatan 7 “Foresight”.

Film pertama berjudul “BIAS KIAS” dari Tim 1 angkatan 8 “Rendezvous”, kemudian film kedua berjudul “SEMUA” dari Tim 2 angkatan 8 “Rendezvous”, dan film yang terakhir berjudul “KELIRU” dari Tim angkatan 7 “Foresight”

Sesi Seminar SSMF 2018

Seminar Produksi Film SSMF 2018 by M Nur Ghiffari

Ada beberapa rangkaian acara pada SSMF tahun ini. Selain adanya presentasi tentang film pendek yang mereka buat, pada SSMF tahun ini, diadakan juga seminar tentang pembuatan film. Seminar pembuatan film ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi Pra-Produksi ( Pembuatan Script, Dialog, dll ) yang diisi oleh Azizi Aqilalhaq, Sesi Produksi ( Shooting Scene, dll ) yang diisi oleh kakak kelas kita dari angkatan Resource M. Nur Ghiffari, dan Sesi Pasca-Produksi ( Editing, Rendering, dll ) yang diisi oleh M Izzudin Alfatih.

Sesi Presentasi SSMF 2018

Juri SSMF 2018. Kiri : Azizi Aqilalhaq, Kanan : Ust. Dadang

Setelah selesainya film pendek yang siswa-siswa buat, mereka mempresentasikan film pendek mereka didepan juri. Juri pada SSMF 2018 kali ini yaitu Azizi Aqilalhaq selaku anggota Assyifa Film Gallery dan Ust. Dadang selaku pembina eskul fotografi.

Prakata dari Director film “Bias Kias”, Fariz M Rasyad

Pembacaan pemenang nominasi SSMF 2018

Prakata dari pemenang nominasi “Latar Musik Terbaik”, Miftah Faridl dari tim Foresight

Pemenang nominasi “Sutradara Terbaik”, Falhady Ahmad dari Tim Foresight

Pemenang nominasi “Cerita Terbaik”, M Jafar Asshidqi dan Haidar Ali Syafiq

Pemenang nominasi “Aktor Terbaik”, Abdurrahman Nur Rasyid

Setelah mereka mempresentasikan film pendek mereka, dan para juri menilai film pendek mereka. Diadakanlah acara penutup dari SSMF 2018 ini yaitu Gala SSMF 2018 yang diadakan pada tanggal 4 April 2018 di Aula Umar. Pada Gala SSMF 2018 ini diadakan berbagai macam rangkaian acara. Dimulai dari pembukaan acara berlanjut ke pemutaran masing masing film pendek yang telah dibuat didahului oleh prakata singkat dari masing masing director film tersebut. Setelah semua film telah selesai diputar, acara selanjutnya ialah pembacaan pemenang nominasi SSMF 2018 dan pembagian hadiah. Lanjut ke acara terakhir yaitu doa dan penutupan dari acara SSMF 2018 itu sendiri.

Pada acara SSMF 2018 ini diadakan 5 kategori nominasi yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Latar Musik Terbaik, dan Cerita Terbaik. Adapun untuk pemenang nominasi nominasi tersebut ialah sebagai berikut :

  • Film Terbaik               : “KELIRU” dari Tim Foresight
  • Sutradara Terbaik     : Falhady Ahmad, Sutradara Film “KELIRU”
  • Aktor Terbaik             : Abdurrahman Nur Rasyid, Aktor Film “KELIRU”
  • Latar Musik Terbaik : “KELIRU” dari Tim Foresight
  • Cerita Terbaik            : “KELIRU” dari Tim Foresight

Sekian, Wassalamu’alaikum wr.wb

 

ARE YOU READY TO FACE THE TECHNOLOGY ERA?

ARE YOU READY TO FACE THE TECHNOLOGY ERA?

Seperti tahun-tahun sebelumnya Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kembali menyelenggarakan acara spektakuler yaitu IPTEKDAY. IPTEKDAY tahun ini mengusung tema “Face The Technology Era”. IPTEKDAY 2018 diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2018 sampai dengan 31 Maret 2018.

Tahun ini, Departemen IPTEK menyelenggarakan empat lomba online dan 2 lomba onsite. Adapun lomba-lombanya adalah, Syifavidgram, Roomtour, Sweet Home 3d, Totebag Design, Dinosaurus, dan Who Wants to be A Millionaire. Setiap kelas wajib mengirimkan satu perwakilan dari tiap-tiap lomba. Untuk lomba online, pengerjaannya telah dimulai sejak lomba diumumkan. Sementara itu, lomba onsite diselenggarakan satu pekan terakhir sebelum closing acara. IPTEKDAY tahun ini berhasil mengumpulkan 6 video Syifavidgram, 5 video Roomtour, 11 desain Sweet Home 3d, dan 8 desain totebag.

Pada 31 MARET 2018 bertempat di Aula Ad-Dhuha telah diselenggarakan closing dari IPTEKDAY 2018. Acara closing ini dimulai pada pukul 20.15 sampai dengan pukul 23.00. Closing dimulai dengan tilawah dari Salma Putri Rafifah dilanjutkan dengan pemutaran video Syifavidgram dan Roomtour yang telah dibuat oleh murid-murid SMAIT As-Syifa. Setelah pemutaran video acara dilanjutkan dengan pengumuman serta pembagian hadiah lomba. Closing ini diakhiri dengan nonton bareng. Berikut pemenang lomba IPTEKDAY 2018 :

  • Syifavidgram :
    1. XI MIA 2
    2. X MIA 1
  • Roomtour :
    1. XI IIS
    2. XI MIA 3
  • Sweet Home 3d
    1. Zatadini Kharisma P XI MIA 2
    2. Shafira Salma XI MIA 3
    3. Salma Putri Rafifah X IIS
  • Totebag Design
    1. Ghorizatunnisa XI MIA 1
    2. Nauvalia Inditasari XI IIS
  • Dinosaurus
    1. Karenina Fatimah A XI MIA 1
    2. Ahda Sabila XI MIA 2
    3. Nabilah Nur Amalia XI IIS
  • Who Wants to be A Millionaire
    1. Hanina Naura XI IIS

Dengan berakhirnya acara ini kami berharap dapat menambah kemampuan murid-murid SMAIT As-Syifa di bidang IPTEK serta mereka dapat menghadapi era masa depan yang penuh teknologi agar bisa membangun perdaban Islam dengan baik.

Berikut beberapa karya yang telah dibuat oleh murid SMAIT As-Syifa beserta dokumentasi IPTEKDAY 2018 :

 

 

 

 

 

 

 

Farewell to Resource6th!

Farewell to Resource6th!

Assalamu’alaikum wr.wb

Tidak terasa, sudah 3 tahun angkatan Resource menjalani lika-liku kehidupan mereka di SMAIT Assyifa Boarding School. Pada tanggal 9-12 April lalu mereka telah selesai melaksanakan rangkaian UNBK 2018. Mudah-mudahan Allah memberi mereka nilai yang memuaskan. Aamiin

Berhubung angkatan Resource akan segera meninggalkan sekolah tercintanya, BEM SMAIT Assyifa khususnya Departemen Mikat dan Soseko menjalankan salah satu proker tahunannya yang besar yaitu acara Farewell.

Acara Farewell ini didedikasikan untuk kelas 12 yang sebentar lagi akan meninggalkan Assyifa. Pada tahun ini, acara Farewell didedikasikan untuk angkatan 6 SMAIT Assyifa Boarding School Putra yaitu, Resource.

Pada acara Farewell tahun ini, yang dilaksanakan di gor Assyifa, berlangsung sangat megah dan indah. Dimulai dari setiap sudut gor yang didekor seindah mungkin, Photobooth yang terlihat menarik, Panggungnya yang megah, serta kerlap kerlip cahaya lampu dan obor yang ada di pintu masuk gor.

Pohon “Kesan pesan untuk Resource”

Mading yang diisi Quotes yang dibuat oleh Resource

Dalam segi Acara, Farewell tahun ini berlangsung lancar dan meriah. Dipimpin oleh Fajarreiza Maesandy dan Ghulam acara semakin berlangsung ramai. Dimulai dari pembacaan Nominasi “Resource Award” serangkaian Nominasi serupa Assyifa Award, Prakata dari ketua angkatan Foresight dan Rendezvous, hingga Penampilan dari Rendezvous, Foresight dan juga Resource.

Prakata dari Sulthan Abyan, Ketua angkatan Rendezvous

 

Pemberian persembahan dari angkatan Foresight

 

Penampilan dari angkatan Foresight

Penampilan dari angkatan Rendezvous

Pembacaan nominasi “Resource Award”

Di penghujung acara, seluruh angkatan Rendezvous Foresight dan Resource bernyanyi bersama sambil menyalakan kembang api yang mengeluarkan percikan cahaya yang begitu indah.

 

Sekian

Wassalamu’alaikum wr.wb

Syifa Award 2018 “Karakter Pemuda, Karakter Bangsa”

Syifa Award 2018 “Karakter Pemuda, Karakter Bangsa”

Assalamu’alaikum wr.wb

Syiward atau Assyifa Award adalah acara tahunan yang diadakan oleh Departemen SOSEKO ( Sosial dan Ekonomi ). Pada acara ini, kami menampilkan nominasi-nominasi dan pemenang kategori siswa ter- seperti siswa terdisiplin, termultitalent, termodis, dll.

Syiward pada tahun ini mengambil tema ” Karakter Pemuda, Karakter Bangsa “. Syiward 2018 dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2018. Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan meriah.

Sambutan dari Wks. Bidang Keasramaan, Bapak Adi Sopandi

Tidak hanya penampilan pemenang dan nominasi 10 kategori siswa ter-, tetapi Assyifa Award pada kali ini juga menampilkan penampilan dari para pemenang Assyifa Got Talent 2018 dan juga ditambah penampilan dari panti asuhan Al – Rasyid, yang telah dikunjungi oleh perwakilan dari BEM beberapa hari sebelumnya, untuk melaksanakan salah satu proker Departemen SOSEKO yaitu Baksos ( Bakti Sosial ).

Penampilan pemenang AGT 2018

Penampilan dari Panti Asuhan Al – Rasyid

Para pemenang Assyifa Award 2018

Syiward pada kali ini mengambil 10 kategori diantaranya : Terdisiplin, Tersupel, Terkocak, Terkalem, Termodis, Termirip, Terdermawan, Terajin, Tersoleh, dan Termultitalent

Adapun untuk para pemenang dan nominasi kategori-kategori diatas adalah sebagai berikut :

  • Terdisiplin : Bahrul Ulum ( Pemenang ), Zuhal Ahsan Aulia, M. Rafi Fakhriananda
  • Tersupel : M. Rafi Fakhriananda ( Pemenang ), Bagas Bayu Adjie, M. Hafidh
  • Terkocak : Sulthan Zainul Amin ( Pemenang ), Haikal Irawan, Indra Akhmad Firdaus
  • Terkalem : Bagas Nabilah R ( Pemenang ), Zaki AF, Bahrul Ulum
  • Termodis : Taufiq Jungjunan ( Pemenang ), Aditya Abimanyu, Miko Aziz S
  • Termirip : Hamid H & Atha ( Pemenang ), M. Tijan A. & Tsaqif, Haidar & M. Faza Hanifan
  • Terdermawan : Alfian Darmawan ( Pemenang ), Farhan Darmawan, M. Dzoukar Dudayev
  • Terajin : Arzaq Fikrian ( Pemenang ), Rafiansyah, Zuhal Ahsan Aulia
  • Tersoleh : M. Fadhil R. Ghozy ( Pemenang ), Rizky Akbar, Fatan Fatazka
  • Termultitalent : M. Fakhriansyah Said ( Pemenang ), Rezza Naufal Azmie, Faza Naufan Al – Ghazali

 

Assyifa Got Multitalent 2018! It’s Your Time to Shine!

Assyifa Got Multitalent 2018! It’s Your Time to Shine!

AGM atau Assyifa Got Multitalent adalah event tahunan yang bertujuan untuk  membuat para siswi lebih berani tampil menunjukan potensi yang mereka miliki. Adapun acara ini dilaksanakan dalam dua tahap yang pertama adalah seleksi tertutup disini para murid menunjukan bakat mereka mulai dari nasyid acapella sampai drama menggunakan bahasa daerah yang ditampilkan pada sabtu, 13 januari 2018.

Sedangkan tahap kedua yang dilaksanakan 16 maret 2018 ini ditonton oleh murid-murid SMP dan SMA Assyifa Boarding School. Dengan Juara I yang dimenangkan oleh Jagadditha Jauza dan Shopie Almira yang membawakan kisah Danau Toba, Juara 2 oleh grup vokal “Eleven” dari SMA dan juara 3 oleh grup vokal “Sayolhana” dari SMP.

Acara yang dilaksanakan oleh BEM Departemen  Minat dan Bakat ini berjalan dengan sukses dan mendapat apresiasi penuh dari para penonton juga peserta.

 

 

Ekspresikan bakatmu di Assyifa Got Talent 2018

Ekspresikan bakatmu di Assyifa Got Talent 2018

Assalamu’alaikum wr.wb

“My Talent, My Action” itulah tema dari salah satu acara tahunan yang selalu ditunggu – tunggu yaitu AGT / Assyifa Got Talent. Proker AGT ini diadakan oleh Departemen Minat dan Bakat dibantu oleh Departemen Sosial dan Ekonomi.

Pembukaan acara AGT 2018

AGT 2018 diadakan pada tanggal 15 Maret 2018 dimulai dari pukul 20.30 hingga pukul 22.30, Alhamdulillah, rangkaian acara AGT berlangsung dengan meriah.

Penampilan dari Angkatan 8 SMAIT Assyifa “Rendezvous”

Penampilan dari Angkatan 6 SMAIT Assyifa “Resource”

Acara AGT ini diikuti oleh seluruh siswa SMAIT dan SMPIT Assyifa Boarding School. Setiap angkatan dimulai dari kelas 7 sampai kelas 12. Setiap angkatan setidaknya mengirimkan 1 perwakilan terbaik mereka untuk tampil di AGT 2018.

Adapun juara – juara penampilan AGT 2018 adalah sebagai berikut :

  • Juara 1 : Guardians of Sight ( Penampilan pencaksilat ) dari Angkatan 7 SMAIT Assyifa “Foresight”
  • Juara 2 : Beat of Sight dari Angkatan 7 SMAIT Assyifa “Foresight”
  • Juara 3 : Penampilan Drama dari Angkatan 10 SMPIT Assyifa

Sekian, Wassalamu’alaikum wr.wb