Departemen Pendidikan Bahasa Arab Fpbs Upi Gelar Pkm Penyusunan Bahan Ajar Digital di Smait As Syifa Boarding School Subang

Ketua Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Asep Sopian (Dosen Bahasa Arab FPBS UPI) menuturkan bahwa di antara aspek yang perlu disiapkan pendidik dalam proses pembelajaran adalah bahan ajar. Ketersediaan bahan ajar penting agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Bahan ajar perlu disusun selaras dengan capaian pembelajaran (KI & KD) dalam kurikulum dan kebutuhan peserta didik. Di samping itu, perlu juga dikembangkan bahan ajar digital di abad 21 dan era Revolusi Industri 4.0.

Abad ini menghendaki pendidik professional yang mampu mengembangakan materi pelajaran dengan kreatif dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Hal ini selaras dengan masuknya era revolusi industry 4.0 dan tantangan guru di abad ke-21 yang berkenaan dengan teaching and technology. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan pendidik yang mahir dan kompeten dalam meyiapkan bahan ajar digital, baik bahan ajar visual, audio, atau audio visual dalam bentuk yang sederhana dan user friendly.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020 dibuka oleh Sekretaris Departemen Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI, dr. Hj. NunungNursyamsiah, M.Pd. dan disambut baik oleh kepala Sekolah SMAIT as Syifa Boarding School, Burhanuddin Muttaqin, S.Si. Keduanya, memaparkan urgensi bahan ajar digital di era Revolusi Industri 4.0 dan berpesarn agar para guru dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meninkatkan kompetensinya dalam penyusunan bahan ajar.

Tim Dosen dan Mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI ini memberikan pelatihan berupa teori dan praktik pembuatan bahan ajar digital dimulai pengisian gform awal kegiatan, sharing, Focus Group Discussion (FGD) pembuatan bahan ajar yang sudah dilakukan para pendidik, bahan ajar yang tersedia, dan evaluasi penggunaaan bahan ajar tersebut.

Sesi pertama,  pemaparan para pemateri berkaitan dengan pembuatan bahan ajar digital yang dirancang bukan sekedar teks, tetapi dilengkapi dengan audio dan video serta soal latihan/evaluasi berbasis gform/kahoot/quiziz, seperti melalui aplikasi Powtoon, Pixtoon, dan Plotagon Story sebagai aplikasi untuk membuat animasi dan video kreatif dan menarik. 

Sesi kedua, praktik pembuatan bahan ajar digital dengan didampingi tim fasiltator dan mahasiswa Depertemen Pendidikan Bahasa Arab. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan mengaku sangat berkesan dan menarik serta mendapatkan hal baru dalam pembuatan bahan ajar digital yang inovatif, kreatif dan menarik bagi peserta didik.

Di akhir kegiatan, para peserta sangat berharap kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara berkala, tertutama terkait dengan pembelajaran, baik media, metode, bahan ajar, dan lain-lain yang dapat meningkatkan kompetensi profesional guru.

Subang, Sabtu, 20 Agustus 2022

2 thoughts on “Departemen Pendidikan Bahasa Arab Fpbs Upi Gelar Pkm Penyusunan Bahan Ajar Digital di Smait As Syifa Boarding School Subang”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version