Kebakaran di Hotel New Delhi, 17 Orang Tewas

 

NEW DELHI: Kebakaran itu terjadi di Hotel Arpit Palace, sebuah hotel budget di kawasan padat New Delhi tengah pada Selasa (12/2) sebelum subuh waktu setempat. Sedikitnya 17 orang tewas dan tiga lainnya cedera ketika kebakaran melanda sebuah hotel di New Delhi kata seorang pejabat senior.

Kebakaran terjadi sebelum fajar di Hotel Arpit Palace yang terletak di distrik perbelanjaan Karol Bagh, bagian padat dari pusat kota Delhi. Menurut laporan media lokal, seorang anak beserta ibunya tewas setelah keduanya mencoba menyelamatkan diri dengan melompat dari jendela. Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan keseluruhan lantai teratas hotel tersebut musnah dilahap kobaran api. Tampak pula kepulan asap hitam pekat membubung dari lantai teratas gedung hotel berlantai empat tersebut.

“Ada panel kayu di koridor karena itu orang-orang tidak bisa menggunakan koridor untuk keluar,” kata pejabat dinas pemadam kebakaran lainnya kepada para wartawan.Wakil kepala kebakaran Virendra Singh mengatakan 35 orang telah diselamatkan. Sebagian besar korban tidur ketika kebakaran terjadi, diyakini disebabkan oleh korsleting.

Kebakaran kerap terjadi di India dikarenakan buruknya standar keselamatan yang buruk dan lemahnya penegakan aturan. Insiden kebakaran umumnya banyak terjadi di Mumbai, ibu kota bisnis India di mana jutaan orang tinggal di gedung-gedung yang sempit dan usang dikarenakan tingginya harga sewa. Pada Desember 2018, enam orang tewas akibat kebakaran hotel di Mumbai. Setahun sebelumnya, 14 orang tewas juga di Mumbai akibat kebakaran di restoran kenamaan.

Pihak berwenang di Delhi telah sering meluncurkan penggerebekan untuk menegakkan aturan bangunan, tindakan keselamatan kebakaran dan prosedur evakuasi tetapi langkah-langkah ini gagal untuk memeriksa pelanggaran yang merajalela oleh pembangun di ibu kota yang berkembang pesat dengan lebih dari 18 juta orang.