tulisan best practice ini ditujukan untuk mengevaluasi hasil dari bagaimana pengaruh pembelajaran transformasi geometri pada kelas 11 dengan berbantuan Geogebra
Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah diantaranya
1. Guru masih belum terlalu membiasakan sepenuhnya
membuat konten pembelajaran untuk di berikan kepada murid, kemudian pemanfaatan media pembelajaran online kebanyakan digunakan hanya utuk penilaian harian atau penilaian semseter.
2. Temuan saat pembelajaran di labkom, siswa terdistraksi
dengan membuka hal lain saat kbm menggunakan media pembelajaran online, sehingga tidak fokus
3. Siswa belum sepenuhnya memahami materi, hanya sekedar tahu dan menghafal rumus, sedangkan pemahaman konsep masih kurang
Pentingnya praktik pembelajaran discovery learning ini adalah agar siswa dapat lebih memahami konsep dengan baik jadi tidak hanya sekedar mengingat rumus, sehingga saat pemberian soal dalam bentuk apapun, siswa tidak akan kesulitan. Selain itu praktik pembelajaran ini akan menjadi tantangan bagi guru agar terbiasa melaksanakan pembelajaran yang lebih baik lagi khusunya pembelajaran yang melibatkan TPACK dan siswa sebagai student centre
Peran saya sebagai guru dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai fasilitator untuk siswa, serta saya bertanggung jawab agar siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih menyenangkan serta tujuan pembelajaran yang dimaksud dapat tercapai
tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:
Model pembelajaran yang dapat mengajak siwa dalam memahami konsep dengan baik
Menyertakan teknologi dalam pembelajaran khususnya menggunakan geogebra agar siswa dapat menemukan sendiri konsep dari materi yang diajarkan
Oleh karena itu, discovery learning dengan bantuan geogebgra dianggap praktik yang paling tepat diterapkan dalam pembelajaran khususnya materi transformasi geometri
Dipilihnya model Discovey Learning karena dirasa cocok dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu siswa dapat lebih memahami konsep dengan menemukan langkah-langkah secara mandiri dan berdiskusi dengan rekan kelompoknya
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilaksanakan :
Menurut pengamatan dan hasil belajar, praktik pembelajaran ini secara umum efektif, karena siswa dapat memanfaatkan sumber belajar dengan baik dan membuat siswa membingkai sendiri pengetahuannya untuk dituangkan dalam diskusi
tentu saja dalam setiap praktik pembelajaran di kelas,tidak selamanya sempurna. masih ada kekurangan dan hal-hal yang menjadi evaluasi untuk masa yang akan datang. namun faktor keberhasilan dari praktik pembelajaran yang melibatkan geogebra adalah dukungan dari semua pihak khususnya dalam kesiapan sarana belajar.
dengan kondisi sekolah Boarding yang dibatasi akses menggunakan gadget, tentu saja sarana di sekolah harus dapat menutupi hal tersebut, sehingga hanya dengan menggunakan fasilitas labkom, siswa mampu berkembang dan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik
Leave a Comment