ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DALAM IMPLEMENTASI MODELPROBLEM BASED-LEARNING(PBL)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah serta pengetahuan pendidik yang masih kurang dalam melakukan pembelajaran yang inovatif di kelas, sehingga pembelajarannya masih monoton, dan motivasi belajar siswa yang masih kurang, sehingga berakibat pada rendahnya hasil kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 34 peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Jamblang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa laki-laki 14 dan jumlah siswa perempuan 20. Adapun data yang diambil dari PPL ke 4 yang dilaksanakan pada hari/tanggal kamis, 24 November 2022 dengan instrumen soal yang diberikan berupa 4 soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis secara hasil keseluruhan tergolong baik dan terdapat 3 indikator yang masuk kriteria baik sekali yaitu untuk indikator menuliskan lambang atau simbol matematika dengan tepat pada soal cerita (baik sekali); indikator mampu membuat tabel dari soal cerita dengan benar (baik sekali); dan indikator mampu membuat model matematika dengan benar pada soal cerita (baik sekali).  Sedangkan 1 indikator yang masuk kriteria cukup yaitu mampu menuliskan penyelesaian permasalahan soal cerita secara sistematis dengan benar (Cukup). Adapun untuk rata-rata persentase skor keseluruhan dari kemampuan komunikasi matematis siswa adalah 78,71 % dengan kriteria baik.

berikut ini adalah link untuk pdf jurnal secara lengkap

https://drive.google.com/file/d/1vAIAOPIGicm5f1eFC_lqYBf4PQwvirQU/view?usp=share_link

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *