Earth Day 2016

By: Nabilah Hulwa Huwaida

Diikutkan dalam Lomba Menulis Artikel

Apa itu Earth Day? Kapan Earth Day dilaksanakan? Earth Day berasal dari ata earth yng berarti bumi dan day yang berarti hari jadi. Earth Day adalah hari bumi. Earth Day diperingati pada tanggal 22 april dan 23 april. KEgiatan ini diadakan oleh eskul pencinta alam dan badan eksekutif murid (BEM) LIngkungan dan Kesehtan.
Kegaiatan apa https://cool-essay-service.com https://cool-essay-service.com https://cool-essay-service.com yang dilakukan di Assyifa saat memperingati Earth Day di SMAIT AS-Syifa putri ini?
Banyak kegiatan yang dilakukan di as-Syifa saat Earth Day berlangsung diantaranya ada banyak perlombaan yang diadakan oleh BEM LIngkes dan eskul Pencinta Alam untuk murid SMAIT As-Syifa BS putri. PEerlombaannya adalah: LItas Alam, ememasak, poster, tune delight miss lingkungan, recycle, poster, find and cook, dsb.
Selain diadakan perlombaan panitia juga menambahakan kegiatan penyuluhan hidroponik yang di jelaskan oleh Pa Suherman dari penyuluhan hidroponik itu sendiri kita tau bahwa kita bisa bercocok tanam dengan menggunakan cara tersebut. Dan pada saat itu kita bisa langsung mempraktikkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan. Dan bahan yang perlu disiapkan hanyalah botol berkas minuman.

Selanjutnya, kenapa Earth Day bisa menjadi salah satu kegiaatn (event) di as-Syifa?
Karena kita sebagai penghuni bumipatut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan bumi dan isinya iini dpaat berguna bagi makhluk hidup di dalamnya. Tetapi bukan berarti kita hanya bersyukur dan mencintai bumi pada saat hari ubumi saja, karena kita harus bersyukur dan mencintai bumi ini seumur hiudp. Setiap hari. Setiap jam. Bahkan setiap detik.

Bayangkan saja bagaimana jika kita tidak mencintai bumi, pasti sekarang bumi sudah mulai hancur dan jika bumi hancur, kita tidak bisa tinggal di dalamnya lagi.

Dengan cara apa kita bisa mencintai bumi? Kita bisa melakukknya mulai dari hal kecil contohnya juta bisa membuang sampah pada tempatnya. Kenapa? Karena jika hal tsb dibiarkan maka setiap orang belum mempunyai rasa kesadaran dan disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya maikin banyak bukan?

Jika hal tersbut bisa ditaati dan dan dilaksanakan dengan baik, maka nanti ke depannya tdidak aka nada lagi yang enmanya banjir, sungai menguap dan kebakaaran yang diakibatkan oleh banyaknya limbah sampah yang harus dimusnahkan. Sehingga kuman, bakteri, virus dan nyamuk tidak akan dating lagi ke tempat yang bersih dari sampah. Sehingga mahkhluk hidup khususnya manusia tidak akan pernah/ jarang terkena pnyakit seperti demam bersrdarah, kulit (kadas, kurap, jamur) dll yang dapat membahayakan kesehatann tubuh kita sehingga angka kematian penduduk Indonesia juga bisa berkurang.

Selain kita harus membuang sampah pada tempatnya, kita juga harus pandai untuk memilah sampah dengan baik dan benar agar sampah yang akan dibuang tidak terlalu banyak dan tidak menumpuk seperti halnya kita memisahkan sampah organic dan anorganik dari pemisahan tempat tsb, masing-masing nenpunyai manfaat yang berbeda-beda seperti sampah organic nanti bisa dignakan untuk membuat kompos, biogas, pupuk dll. Begitu juga dengan sampah anorganik , kita bisa mengolahnya dengan cukup menjual sampah anorganik tsbb mudah bukan?
Otomatis dari hasil penjualan tersebut kita akan mendapat keuuntungan. Jadi selain kita yang mendapatkan keuntungann dari hal tsb yang kita lakukan. Wah ternyata dari hal sekecil itu kita tau bahwa jika kita membuang sampah sembarangan banyak hal yang akan terjadi.

Selain itu apalagi upaya kita agar kita bisa menjaga dan melindungi bumi selain yang sudah ada tadi?
Banyak hal yang dapat kita lakkan untuk memelihara bumi seperti jangan suka menebang pohon sembarangan (khususnya yang ada di hutan) karena hutan adlah tempat hidup seluruh hewan berkembang biak. Jika tidak ada tumbuhan, binatang akan punah karena kehilangan kebutuhan pokoknya untuk kelangsungan hidupnya.
Selain itu gunakanlah produk-produk ramah lingkungan yang tidak mengandung bahan seperti CFC dll, menanami hutan yang gundul, beruapaya dalam kegiatan go green. Tidak membuang limbah ke sungai dan jangan banyak membangun bangunan yang tinggi- tinggi yang dapat menyebabkan atmosfer bumi menipis dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan.

Jadi kita sebagai penghuni bumi harus berupaya menjaga dan memelihara bumi kita tercinta ini agar tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merusak bumi sebagai tempat hidup makshluk hidup makhluk yang sementara ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.