As-Syifa Boarding School Mencetak Generasi Penghafal Al-Quran yang Cinta Ilmu

Penghafal Al-Quran mempunyai keutamaan di dunia dan akhirat. Keutamaan di dunia adalah nikmat Rabbani yang datang dari Allah, menjanjikan kebaikan, keberkahan serta kenikmatan serta ilmu bagi para penghafalnya.

Setiap orangtua muslim pasti senang dan bahagia ketika dianugerahi anak yang hafal 30 juz di Al-Quran serta berwawasan dan berpengetahuan luas. Hal ini merupakan dambaan serta impian semua orangtua Muslim.

Sejarah dari Penghafal Al-Quran

Menghafal Al-Quran merupakan perbuatan yang sangat mulia. Seperti yang diketahui Al-Quran adalah sumber pedoman bagi seluruh umat Islam di segala tempat dan zaman. Tradisi menghafal sebenarnya telah ada sejak zaman pewahyuan.

Karena pada zaman itu setiap Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad langsung dihafalkan oleh Nabi lalu disampaikan kepada para sahabat. Pada mulanya Al-Quran adalah firman Allah yang dijaga oleh Nabi dan para sahabat dengan cara menghafal.

Karena pada saat itu belum ada mushaf seperti sekarang ini. Pembukuan Al-Qur’an pertama kali diprakarsai oleh khalifah Utsman bin Affan. Alasan pembukuan ini adalah karena penghafal Al-Quran banyak yang gugur di medan perang.

Pembukuan ini sangat berkontribusi besar bagi umat Islam. Berkat adanya mushaf ini, seluruh umat muslim dapat membaca firman-firman Allah. Umat Muslim juga berusaha untuk mencoba memahami serta mempelajari apa saja terkait dengan Al-Quran.

Keutamaan Menjadi Penghafal Al-Quran

Al-Quran sebagai kitab suci umat Muslim yang didalamnya tidak ada keraguan atau kepalsuan. Beriman kepadanya adalah wajib untuk setiap umat Muslim dan termasuk ke dalam rukun iman yang enam. Berikut beberapa keistimewaan penghafal Al-Quran.

1. Pemberi Syafaat

Seperti telah disampaikan sebelumnya, membaca Al-Quran mempunyai banyak sekali manfaat dan keutamaan. Kitab suci ini dapat menjadi penolong apabila dibaca, dihafal dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim: dari Abu Ammamah RA “aku mendengar Rasulullah berkata “Bacalah Alquran karena sesungguhnya Ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat”. 

2. Mendatangkan Pahala

Para penghafal Al-Quran akan mendapat manfaat serta keutamaan mendatangkan pahala berlipat ganda. Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada para pembaca dan penghafal serta menjadikannya sebagai petunjuk hidup.

Berdasarkan salah satu hadis sahih juga menjelaskan bahwa satu huruf saja dari Al-Quran yang Anda baca, maka akan dibalas dengan pahala sebanyak sepuluh kali lipat. Terlebih apabila sudah dapat menghafalkannya.

3. Obat Kegelisahan

Jika ingin mendapatkan ketenangan hati, maka membaca kitab suci ini untuk mengobati kegelisahan. Kebenaran ini disampaikan dalam surah Ar Ra’d ayat 28 yang artinya “(yaitu) Orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah”. 

Berdasarkan ayat diatas, Allah telah menjelaskan bahwa obat hati kegelisahan adalah dengan mendekatkan diri kepada-Nya. Salah satunya adalah dengan membaca serta menjadi penghafal Al-Quran.

4. Lebih Mudah Memahami Al-Quran

Manfaat dan keutamaan selanjutnya adalah lebih mudah untuk merenungi dan memahami setiap makna terkandung didalamnya. Sehingga dengan memahami maknanya, para penghafal dapat dengan mudah merefleksikan isinya dalam kehidupan sehari-hari.

Ini akan membuat buat para penghafal mudah untuk menjalani kehidupan. Sebab para penghafal telah memiliki pondasi serta pemahaman yang kokoh terhadap kitab suci umat Muslim ini. 

Sekilas Mengenai Yayasan As-Syifa 

Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah dalam bidang pendidikan melalui As-Syifa Boarding School telah berkomitmen untuk menjaga generasi bangsa agar bertakwa. Para murid akan diajarkan menjadi penghafal Al-Quran dan memiliki wawasan luas.

As-Syifa Boarding School memiliki konsep pembinaan dengan didukung fasilitas memadai agar murid bisa belajar dengan baik. Salah satunya dengan memisahkan asrama putra dan putri dengan jarak sekitar 200-300 meter.

Komplek kampus dipisahkan berada di Jalan Cagak dan Wanareja. Asrama ini dihuni 10-12 santri per kamar dengan ranjang tingkat. Di setiap kelas juga telah disiapkan infokus untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Di As-Syifa juga memiliki Laboratorium IPA, fisika, bahasa, kimia, multimedia, komputer serta perpustakaan. Yayasan ini juga dilengkapi masjid di lingkungan sekolahnya, memiliki gor di komplek putra serta guest house yang disewakan.

Guest House ini disewakan untuk orangtua yang membutuhkan penginapan saat menjenguk anak-anaknya. Klinik juga telah disediakan sebagai sarana kesehatan yang telah dilengkapi pemeriksaan dokter setiap harinya.

As-Syifa Boarding School telah dilengkapi segala fasilitas belajar dan ibadah yang dibutuhkan oleh para santri. Fasilitas ini akan dapat menunjang para santri untuk menjadi penghafal Al-Quran namun tetap memiliki wawasan keilmuan luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.