Market Day 2015 – Putra

Oleh: Farhan F. T

Tak bisa dipungkiri, program tahunan SMAIT As-Syifa Boarding School memang tergolong unik dan tidak banyak ditemukan di sekolah lain. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi SMAIT yang memiliki murid dari berbagai daerah.
Setelah sukses menggelar event-event internal ataupun eksternal seperti: Syifest yang diikuti oleh peserta pelajar se-Jawa Barat, DKI, Banten; SBC; dan masih banyak lagi. Kini SMAIT As-Syifa menggelar event tahunannya kembali yang bertajuk “Market https://get-dissertation.net https://get-dissertation.net https://get-dissertation.net Day”. Berbeda dengan event lainnya, Market Day ini diikuti oleh seluruh santri SMAIT As-Syifa Boarding School dimana mereka harus berwira usaha: menjajakan jualan kepada orangtua peserta PMB. Event yang berlangsung hari Sabtu (14/2) untuk putri dan Ahad (15/2) untuk putra merupakan acara tahunan dengan tujuan untuk mengasah kemampuan siswa dalam dunia entrepreneur. Selain berjualan dan mendapatkan keuntungan dari modal yang diberikan oleh sekolah senilai Rp 150.000,00 mereka juga berkompetisi untuk mendapatkan apresiasi dari sekolah agar mendapat label kelas terbaik pada event Market Day tahun ini. Kriteria yang dinilai adalah omset tertinggi, kekompakan dan kebersihan.
“Market Day ini sangat bermanfaat. Disamping melatih para murid dalam merancang strategi untuk mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya, acara ini juga melatih keaktifan para murid. Meskipun pada akhirnya, orientasi setiap kelas dalam berpartisipasi di Market Day ini berbeda-beda. Ada yang memang mengejar keuntungan, ada pula yang hanya mengutamakan keaktifan, misalnya dalam memproduksi barang dan lain-lain,” ujar Zulfikar Kamal, murid kelas 11 yang menjabat sebagai ketua divisi Sosial Ekonomi dalam kepengurusan Badan Eksekutif Murid SMAIT As-Syifa putra.
Dalam acara yang berlangsung di depan aula Umar ini, pihak sekolah member suntikan modal awal sebesar Rp 150.000,00. Modal itu pada akhirnya harus dikembalikan kepada pihak sekolah.
Acara ini berlangsung dengan penuh antusias baik dari para murid, maupun dari para pengunjung. Pada akhirnya, setiap kelas memperoleh keuntungan yang bervariasi, tergantung pada strategi dan jenis barang yang ditawarkan. Karena dalam musim penghujan seperti ini, makanan atau minuman yang hangat cenderung lebih dinikmati. Meski demikian, Market Day tetap memberikan banyak pelajaran berharga pada para murid yang tak mungkin bisa mereka dapatkan dari pendidikan formal di kelas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *